Minggu, 16 Desember 2012

Pelajaran dari sebuah perjalanan

     Hai.. apa kabar pemirsah? haha lama gak nge-blog lagi nih.
Perjalanan, yap perjalanan. Hidup adalah tentang perjalanan, dan mengambil pelajaran dari suatu peristiwa dan kejadian itu jadi harga mati buat Gue.
Okeh, ada sedikit oleh-oleh dalam bentuk cerita hasil perjalan gue ke Solo kemaren.
Gue pergi bareng temen-temen gue buat nonton film baru, yang film ini gue banget, selain karena artistnya mirip gue, isi filmnya juga menyangkut hobi gue, hiking, apa filmnya? yap betul, 5cm. Okeh, gue ga mau ngebahas masalah film ini karna pasti bakalan lama pastinya.


     Setelah puas nonton 5cm, kita buru-buru pulang tentunya setelah ngisi perut dulu dong yah. Yap, udah kebiasaan buat kita menunggu lebih lama dari biasanya buat dapetin bus. dapet tempat duduk? jangan harap deh. Dapet bus di tengah malem gini ajah udah bersyukur banget. Setelah bengong menunggu, akhirnya kita dapet bus jurusan Solo-Semarang, sekitar jam 11 malem. Alhamdulillahnya, ternyata ada beberapa seat kosong.

    Sebelumnya gue emang udah niatin buat ngutamain temen gue dulu buat duduk, tapi berhubung jumlah seat yang kosong itu pas dengan jumlah kita ya udah akhirnya gue dapet juga tempat duduk. Setelah mastiin temen gue duduk semua, akhirnya sisa satu seat kosong yang tempatnya paling belakang. Di barisan seat paling belakang itu udah ada dua temen gue, dan gue duduk paling kiri diantara kita bertiga.

    Udah kebiasaan buat gue untuk menikmati suatu perjalanan, melihat ke jendela dengan dipayungi sinar-sinar redup lampu jalanan, gue selalu menikmati moment-moment ini. Membaca papan-papan reklame, atau memperhatikan tempat-tempat makan dari jalan yang gue lewatin, ya ini adalah sesuatu yang tidak pernah menjadi hal yang membosankan buat gue.

     Ada 3 orang di sebelah kanan gue yang 2 dari mereka itu temen gue, dan ada 2 orang di samping kiri gue, yang menurut gue orang yang di samping kiri gue ini aneh. Aneh dalam penampilan, penampilan yang menurut gue rada semrawut, bukan rada sih tapi emang semrawut. Kalo dibandingin sama gue, ya jelas gue jaaaaaaaaaaaaaaaaaauh lebih kece, ga percaya? tanya ajah nyokap gue!. Penampilannya sekilas mirip Rocker, rambut gondrong gak teratur, pake celana pendek dan terlihat jelas dikakinya ada tattoo yang gue gak tau itu gambar apa, mungkin naga yang di sinetron Indosiar. Di tambah lagi jaketnya yang aneh, di penutup kepala jaketnya itu penuh dengan bulu, tapi Insya Allah halal di konsumsi, lah ngomong apa gue barusan?.

     15 menit berlalu, kemudian gue berinisiatif buat memulai perbincangan terseru di abad ini versi majalah Forbes, antara Gue si Kece dan Mas Gondrong yang belum di ketahuin namanya.

 *SK= Si Kece= Gue*            -             *MG= Mas Gondrong*

SK: Darimana mau kemana mas? *sambil gemeteran liat tampangnya*

MG: Dari Surabaya mau ke Salatiga, ada event melukis dek. *sambil ngeluarin taringnya, eh engga ding*

SK: oh suka melukis yah. *mulai berfikir kalo MG ini seorang seniman yg profesinya sebagai pelukis*

MG: tapi saya bukan pelukis mas, cuma hobi ajah, saya kerja sebagai Programmer di salah satu kantor IT di Surabaya, saya membawahi 12 tim, yang setiap tim mempunyai 20 anggota. kenapa dek? kaget yah? emang tampang saya kurang meyakinkan, tapi inilah saya. wong saya ke kantor ajah pakenya celana pendek kok, tapi bos saya gak pernah marah sama saya.

SK: *mangap. gak nyangka MG ini seorang Programmer gede. sialan, si kece tertipu tampangnya si gondrong.* Waww.. hebat mas, kok bisa gituh?

MG: saya dulu pernah sekolah di Kanada jurusan tekhnik nuklir, kemudian saya juga dikirim untuk belajar di beberapa negara. Bos saya gak masalah dengan tampang saya, yang penting kerja saya mas. Bos saya gak mau mecat saya, karena saya punya kelebihan yang orang lain gak punya dalam bidang saya ini.

SK: *mangap makin lebar. Kanada? OMG.. gue ke Bali ajah gak pernah.* Waaaaah hebat mas. Terus? terus? *pasang tampang lugu dan super unyu*

MG: yang penting, selagi kamu masih muda kamu harus rajin belajar. Nanti kalo kamu udah pinter hidup kamu pasti enak, bukan kamu yang membutuhkan, tapi orang lain yang akan mencari kamu.

SK: *wedaaaan hikmah amat ni si MG* *gue ngangguk-ngangguk dengan bijaksana*

MG: Dan ingat, nanti kalo udah pinter jangan pernah sombong. karena disitu lah kelemahan anak muda.

SK: *sumpah iya bangeeeet* bener mas bener.

abis itu hening sebentar, dan gue mulai lagih.

SK: udah berkeluarga mas?

MG: Alhamdulillah udah, tapi gagal. Ya biasalah rumah tangga. Tapi kita pisah baik-baik kok, gak pernah ada masalah. cuma karena gak cocok ajah. dan sampe sekarang pun kita masih sering komunikasi kok.

SK: oh hebat mas, bisa tetep jaga hubungan gituh.

MG: ya begitulah, hidup itu pilihan dek. makannya jangan sampe salah memilih.

SK: bener mas bener *kagum gue kagum*

MG: hidup itu pilihan mas. contohnya, saya ini punya temen-temen yang bisa dibilang nakal, suka minum miras dll. tapi ketika saya ditawari miras, saya tolak dengan baik-baik dan lebih memilih kopi. dan sampe saat ini ketika kita kumpul bareng, temen saya mabok tapi saya minum kopi, dan ini udah jadi kebiasaan saya yang sudah dipahami mereka"

SK: iya mas, bener banget.  wah hebat mas ini, bisa menjaga diri dan tau batasan diantara temen-temen mas yang nakal.

MG: banyak juga yang ngira saya nakal, padahal enggak mas. tampang saya emang urakan, tapi saya berpendidikan dan belajar moral juga mas.

   Panjang dan lama kita ngobrol kesana kemari, sampe akhirnya gue pamit mau turun duluan.

    Setelah turun dari bus gue langsung berfikir, banyak banget pelajaran yang bisa gue ambil dari Mas Gondrong ini. Ada beberapa hal yang bisa gue ambil, diantaranya:

1. Seseorang gak bisa dinilai dari tampangnya ajah. Bisa jadi tampangnya sangar, tapi kelakuan dan sifatnya itu melankolis, begitu juga sebaliknya.
2. Belajar+Semangat+Rajin= PINTER. Pinter+Gak sombong= SUKSES.
3. Hidup adalah pilihan, berfikir matang-matang dalam memilih.
4. Harus tau batasan mana yang baik dan mana yang buruk.
5. Setelah cerai atau putus dari seseorang, kita juga tetep jaga komunikasi kita. Karna kebanyakan orang kalo udah cerai dan putus itu gak mau komunikasi dengan sang mantan. ini point yang paling penting buat gue. gue harus bisa kaya mas gondrong ini, harus.


Udah dulu deh, nanti kita ketemu lagih dipostingan selanjutnya :)

0 komentar:

Posting Komentar